BERANDA » , » SARASEHAN BERSAMA KAPOLRES CILEGON, TOGA, TOMAS, ORMAS, PEMILIK TEMPAT HIBURAN DAN RUMAH MAKAN SE-KOTA CILEGON DALAM RANGKA MENYAMBUT BULAN RAMADHAN 1438 H

SARASEHAN BERSAMA KAPOLRES CILEGON, TOGA, TOMAS, ORMAS, PEMILIK TEMPAT HIBURAN DAN RUMAH MAKAN SE-KOTA CILEGON DALAM RANGKA MENYAMBUT BULAN RAMADHAN 1438 H

Posted by POLRES CILEGON
Official Website Polres Cilegon, Updated at: 6:18 PM

Senin, 22 Mei 2017 pukul 13.00 wib di aula Rupatama Polres Cilegon telah dilaksanakan kegiatan Sarasehan bersama Kapolres Cilegon Toga Tomas, Ormas,  pemilik tempat hiburan dan rumah makan sekota cilegon dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Cilegon, Ketua NU Kota Cilegon H. Hifdullah,  Ketua MUI Kota Cilegon Sdr. M. SAYUTI ALI, Satpolpp Kota Cilegon Sdr. SOFAN, Dinsos Kota Cilegon Sdri Ida,  Para pengelola rumah makan  dan tempat hiburan di Kota Cilegon. Arahan Kapolres Cilegon mengucapkan terimakasih atas kehadiran dari para pengelola rumah makan dan tempat hiburan dikota cilegon yang telah memenuhi undangan dari Polres Cilegon dalam kegiatan yang kami kemas dalam bentuk Sarasehan. Kegiatan ini sebenarnya merupakan ajakan dan himbauan tentang Instruksi Walikota Cilegon Nomor: 556.322/3112/Pol.PP/2017, tanggal 17 Mei 2017, Tentang penutupan penyelenggaraan hiburan dan Restoran / rumah makan di wilayah kota cilegon selama bulan suci ramadan 1438 H.

Akan lebih baik bila secara kesadaran para pemilik rumah makan menutup sendiri sehingga tidak perlu Satpol PP Kota Cilegon melakukan upaya penutupan pada bulan Ramadhan, supaya tidak menimbulkan berita yang kurang baik seperti kasus ibu Saeni di Serang yang membuka warteg pada bulan Ramadhan dan diamankan oleh petugas Satpol Pp dan menjadi  berita viral di Media Internet. Kapolres Cilegon juga menyampaikan dalam kegiatan sarasehan kali ini adalah untuk mensosialisasikan apa yang menjadi himbauan dari Instruksi Walikota Cilegon Nomor: 556.322/3112/Pol.PP/2017, tanggal 17 Mei 2017, Tentang penutupan penyelenggaraan hiburan dan Restoran / rumah makan di wilayah kota clgn selama bulan suci ramadan 1438 H.

  1. Untuk jenis hiburan yang di larang beroperasi selama bulan suci ramadhan  yaitu karaoke, Live Music, billyard baik sarana penunjang maupun sebagai usaha kusus terhitung 3 hari sebelum pelaksanaan bulan suci Ramadhan sampai dengan 3 hari setelah Idul Fitri 1438 H mulai tanggal 23 Mei 2017 s/d 28 Juni 2017.
  2. Adapun untuk restoran / rumah makan, warung nasi dan sejenisnya di himbau untuk menutup usahanya selama umat Islam menjalankan ibadan puasa dan di perbolehkan buka pada pukul 16.00 Wib.
  3. Penutupan tempat hiburan yang di lakukan oleh pemkot Cilegon sesuai dengan peraturan daerah Kota Cilegon No 2 tahun 2003 tentang perijinan dan penyelenggaraan hiburan yang tercantum dalam pasal 22 ayat 1 bahwa "Tempat hiburan jenis karaoke, live musik, billyard baik sarana penunjang maupun sebagai usaha khusus dilarang menyelenggarakan kegiatan hiburan 3 hari sebelum s/d 3 hari sesudah bulan suci ramadhan.


Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1438 H mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang telah hadir dalam sarasehan ini,  dimana maksud dan tujuannya berharap agar kepada para pemilik tempat hiburan dan para pemilik rumah makan agar mentaati surat edaran yang telah di buat oleh walikota cilegon terkait dengan penutupan tempat hiburan dan perubahan jam buka rumah makan selama bulan suci ramadhan.

Dilanjutkan dengan sambutan Kasatpol PP Kota Cilegon yang dalam hal ini diwakili oleh Sdr.  SOFAN MAKSUDI selaku kepala bidang penegakan perundangan Pol PP Kota Cilegon yang mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada bapak kapolres cilegon yang telah melaksanakan kegiatan saraseha menjelang bulan suci ramadhan ini. Sebagai instansi pol pp tentunya berharap kepada para pemilik tempat hiburan dan rumah makan untuk mentaati peraturan yang telah di buat oleh walikota cilegon tentang penutupan tempat hiburan dan perubahan jam buka rumah makan selama bulan suci ramadhan. Dimana dalam surat walikota tersebut di terangkan bahwa penutupan tempat hiburan dan perubahan jam buka rumah makan tiga hari sebelum dan tiga hari sesudah bulan suci ramadhan. Pada intinya pihak Pol PP akan menindak tegas kepada pemilik tempat hiburan dan pemilik rumah makan yang tidak mentaati surat instruksi dari Walikota cilegon.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua NU pada dasarnya mengucapkan terima kasih atas berjalannya kegiatan yang terlaksana pada hari ini di Polres Cilegon dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Dirinya berharap kepada pemilik tempat hiburan dan rumah makan selama berjalannya bulan suci ramadhan untuk saling menghormati.

Adapun juga sambutan Ketua MUI Kota Cilegon yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa terima kasih kepada Bpk. Kapolres Cilegon yang telah mengadakan acara seperti sarasehan dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1438 H. Berpesan kepada seluruh pengelola tempat hiburan dan rumah makan di wilayah Kota Cilegon agar mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh Walikota Cilegon untuk saling menghormati dan bekerja sama dalam menajaga keharmonisan umat beragama.

Adapun kesepakan bersama tersebut adalah :
  1. Tempat hiburan jenis karaoke, live music dan billiard, baik sebagai sarana penunjang maupun usaha khusus dilarang menyelenggarakan kegiatan hiburan mulai 3 (tiga) hari sebelum sampai dengan 3 (tiga) hari setelah bulan suci ramadhan, mulai tanggal  23 mei sampai dengan 28 juni 2017.
  2. Pengusaha restoran rumah makan, warung nasi dan sejenisnya diwilayah kota cilegon dalam menjalankan usahanya, dihimbau agar menutup tempat usahanya selama umat islam menjalankan ibadah puasa dan buka setelah pukul 16.00 wib.
  3. Apabila menemukan adanya pelanggaran instruksi walikota tersebut maka LSM, ormas dan unsur masyarakat lainnya tidak akan mengambil tindakan sendiri namun akan melaporkan kepada instansi yang berwenang untuk menertibkannya.

Share This Post :
 
Copyright © 2016 Official Website Polres Cilegon. All Rights Reserved