BERANDA » , » KAPOLRES CILEGON BESERTA JAJARAN MENGHADIRI GROUND BREAKING DERMAGA EKSEKUTIF MERAK DAN PELABUHAN WARNASARI

KAPOLRES CILEGON BESERTA JAJARAN MENGHADIRI GROUND BREAKING DERMAGA EKSEKUTIF MERAK DAN PELABUHAN WARNASARI

Posted by POLRES CILEGON
Official Website Polres Cilegon, Updated at: 5:25 PM

Sabtu, 27 Mei 2017 pukul 09.00 wib bertempat di Dermaga 6 Pelabuhan Merak telah dilaksanakan kegiatan ground breaking dermaga eksekutif pelabuhan Merak Bakauheni dan pembangunan dermaga VII Merak oleh menteri perhubungan RI dan menteri negara BUMN

Hadir dalam kegiatan tersebut :
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ibu RINI MARIANI SOEMARNO, Menteri Perhubungan (Menhub) RI Bpk. BUDI KARYA SUMADI, Forkopinda Prov Banten, Forkopinda Kota Cilegon, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) DANANG S BASKORO, Sekjen Kementerian perhubungan Sdr. SUGIHARJO,  Dirjen perhubungan darat Sdr.  PUDJI HARTANTO ISKANDAR, Dirjen Hubla Sdr. ANTONIUS TONY BUDIYONO, Direktur angkutan multi muda, Direktur fasilitas pelayanan Asdp Ibu KRISTIN, Ketua DPRD Kota Cilegon  Ir. H. FAKIH USMAN, GM PT. ASDP Pelabuhan Merak Sdr. TOMMY L KAUNANG, Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Merak, Sdr. FAIK FAHMI, Dirut Prasarana Perhubungan Darat Sdri. YUYUM ENDAH WAHYUNINGRUM , Walikota Cilegon Sdr. DR. H. Tb. IMAN ARIYADI,S.Ag M.M, M.Si, Kapolres Cilegon AKBP R.ROMDHON NATAKUSUMA, SH,S.Ik, Kapolres Lampung AKBP DR. ADI FS, Asda II Prov Lampung Sdr. ADEHAM, Dangrup 1 Kopassus Kolonel Inf JOHN AFRIANDI, Danlanal Banten Kolonel Laut RUDI HARYANTO, Direktur utama PT Patra Jasa bapak Muhammad Haryo yunianto, Para Kacab Pelayaran dan tamu u dangan yang berjumlah kurang lebih 250 orang
Adapun rundown acara ground breaking Dermaga eksekutif Pelabuhan Merak dan Bakauheni :
1. regristrasi tamu undangan
2. Opening dance
3. opening by mc
4. menyanyikan lagu indonesia raya
5. Doa
6. Pemutaran video
7. sambutan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danang S Baskoro
8. sambutan walikota cilegon
9. sambutan menteri perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi
10. Sambutan menteri negara BUMN RI Rini Mariani Soemarno
11. Ground breaking Ceremonial
12. CSR Activities
13. Photo Session
14. Gallery Tour,  Site visit &  prosesi simbolis
15. Door Stop
Dalam sambutannya Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, Sdr. Faik Fahmi menyampaikan
Mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Menteri Perhubungan (Menhub) RI Bpk. BUDI KARYA SUMADI dan Ibu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ibu RINI MARIANI SOEMARNO yang telah berkenan hadir dalam acara ground breaking dermaga eksekutif pelabuhan Merak Bakauheni dan pembangunan dermaga VII Merak. Peresmian hari ini bertepatan dengan hari pertama bulan suci Romadhon. Dengan program pemerintah di sektor kemaritiman dalam menggerakkan perekonomian secara efisien dan merata. Program pembangunan ini juga merupakan bagian dari rencana strategis PT ASDP Indonesia Ferry dalam rajut Nusantara dengan membangun industri penyeberangan nasional dengan membuat konektivitas nasional menurunkan biaya logistik nasional dan mendukung pariwisata nasional, Guna menunjang sarana dan prasarana Dermaga Premium di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten PT ASDP akan mengoperasikan kapal cepat di lintas Merak-Bakauheuni. Dermaga VI yang nantinya akan diubah menjadi Dermaga Premium. Hal ini juga sebagai langkah untuk menghadapi gelaran Asian Games 2018.

Ini menjadi tugas ASDP agar menyediakan fasilitas yang memadai, salah satu solusinya kan dengan dibangun Dermaga Premium baik di Merak maupun di Bakauheni. Selama ini, kapal yang beroperasi di lintas penyeberangan Merak-Bakauheuni memakan waktu 2 jam perjalanan. Nantinya, kapal cepat tersebut hanya memakan waktu 1 jam perjalanan dengan kecepatan 17 knot. Dan nanti untuk kapal akan kita siapikan kapal khusus yang melintasnya tidak perlu 2-3 jam. Yang hanya 1 jam saja cukup, jadi minimum paling tidak kita harus siapkan kapal yang kecepatannya minimum 17 knot, dan itu juga menjadi salah satu program agenda Pt.  ASDP Merak

Sdr. Fahmi menambahkan, pihak PT ASDP menargetkan Dermaga Premium dan sarana penunjang fasilitas di Pelabuhan Merak akan beroperasi pada Agustus 2018. Diharapkan nanti dengan dermaga premium dan fasilitas kapal itu kita targetkan di Agustus 2018 pada saat Asian Games itu sudah siap semuanya.

Kami telah memulai dengan melakukan program program baru seperti layanan  longdisten Ferry perdana untuk lintas Surabaya Lombok pada tanggal 1 Desember 2016 menggunakan KMP Legundi program ini diminati pengguna jasa transportasi karena berhasil memangkas waktu tempuh angkutan logistik Surabaya Lombok dari 48 jam menjadi 21 jam dan mengurangi kepadatan di Jalan Raya terutama di provinsi Bali sebagai daerah pariwisata selanjutnya dalam bidang industri pariwisata Kami sedang mengembangkan pelabuhan penyeberangan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur menjadi kawasan Puncak pariwisa akan meliputi pembangunan Marina Hotel kawasan komersial serta peningkatan fasilitas dermaga penyeberangan di mana telah dilakukan breaking lah itu menteri bmn pada tanggal 20 April 2017 yang lalu kan pada hari ini tanggal 27 Mei 2017 akan dilanjutkan dengan ground breaking Dermaga eksekutif Merak dan Dermaga eksekutif Bakauheni serta pembangunan Dermaga 7 Merak sebagai bagian dari rencana besar kami dalam rumah  industri penyeberangan nasional sehingga dapat menjadi pilihan pertama bagi pengguna jasa dalam transportasi antar pulau dan wujud keseriusan perseroan dalam mengembangkan usaha meningkatkan fasilitas infrastruktur dan meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa salah satu bentuk program kami akan segera kami jalankan adalah menyediakan penjualan tiket melalui online sistem dan ini akan segera kita lakukan sebelum lebaran nanti. Ini baru bisa kita rasakan setelah ASDP berumur 44 tahun

Sambutan Walikota Cilegon

Saya selaku Walikota Cilegon dengan penuh kerendahan hati menyampaikan ucapan selamat datang di Kota Cilegon kepada Ibu Rini M Soemarno Menteri Badan Usaha Milik Negara beserta jajarannya dan bapak Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan Alhamdulillah beserta jajaran. Kedatangan bapak/ibu Menteri ini juga bertepatan dengan hari pertama bulan suci Ramadhan 1438 H mendoakan semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa memberikan kepada kita semua limpahan keimanan kesabaran dan rasa syukur saja kita bisa menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.

Selanjutnya saya atas nama Pemerintah Kota Cilegon juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Direktur Utama Ferry Persero beserta jajarannya yang telah menyelenggarakan acara Groundbreaking Dermaga Eksekutif Merak dan Dermaga eksekutif Bakauhueni dan pembangunan Dermaga 7 Merak sehingga dapat terselenggara dengan baik.

Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kota Cilegon sangat berharap dengan berlangsungnya pembangunan secara bersamaan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni akan menciptakan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang diberikan oleh PT. ASDP dalam menghadapi mudik lebaran dapat dilaksanakan secara optimal tempat yang cukup tentative bagi penumpang dan juga berdampak positif secara luas kepada masyarakat Kota Cilegon.

Saya mohon di dalam rangka mengurangi angka pengangguran, mudah-mudahan tenaga kerja yang tidak membentuk skill terlalu tinggi bisa diserap dari lingkungan sekitarnya sehingga bisa berdampak positif terhadap masyarakat di sekitarnya.

Para hadirin yang berbahagia melalui pembangunan Dermaga ini menjadi area komersial untuk dukungan pelayanan kenyamanan dan keamanan bagi para penumpang berupa pembangunan pertokoan Swalayan Hotel termasuk diantaranya penataan taman taman sebagai aksesoris Pelabuhan penunjang yang akan memberikan ketenangan bagi para penumpang hal ini merupakan terobosan dan strategi yang cukup inovatif dari PT. ASDP.

Oleh karena itu saya atas nama pemerintah kota Cilegon dan masyarakat memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas ide-ide kreatif ini pada kesempatan yang baik gini ijinkan saya juga untuk memberikan laporan singkat kepada Ibu Menteri PU end bapak Menteri Perhubungan tentang langkah-langkah dan kesiapan kami beserta seluruh instansi pemerintah di kota Cilegon dalam menghadapi bulan Ramadhan aktivitas mudik lebaran juga Arus Balik pemudik untuk secara singkat dapat kami laporkan kepada Ibu Menteri Perhubungan di kota Cilegon selalu membangun 3 pondasi utama ketika menghadapi bulan suci Ramadhan ketiga Pancasila tersebut adalah yang pertama pemerintah kota Cilegon beserta unsur forkopimda :
- Bahwa selama bulan suci Romadon kita menutup seluruh tempat hiburan.
- Pengamalan arus mudik lebaran pemerintah kota Cilegon beserta forkopimda telah membuat jadwal dan pengaturan tentang keamanan posko kesehatan dan pengendalian harga bahan pokok sampai dengan tingkat lini di pasar.
- Pemerintah kota Cilegon bekerjasama dengan unsur forkopimda beserta seluruh unsur masyarakat selalu siap menjaga kondusifitas daerah sehingga iklim investasi tetap bisa terjaga.
Sambutan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Bpk. BUDI KARYA SUMADI
Puji syukur kita panjatkan pada Tuhan Yang Mah Esa yang pada awal puasa pada hari ini kita bisa hadir di hari pertama bulan suci Ramadhan dan hari ini rencananya akan meresmikan ground breaking tiga tempat yaitu Dermaga eksekutif Merak, Dermaga eksekutif Bakauheuni dan pembangunan dermaga Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada ASDP,  Pt. PP dan Patrajasa yang membuat suatu bangunan yang menjadi salah satu fasilitas yang bertujuan untuk meningkatkan level of service di satu tempat dan dengan berkembangnya ini nanti kota Cilegon akan lebih maju lagi kedepannya Pembangunan Pelabuhan Merak - Bakauheni adalah merupakan tindakan strategis nasional dari Pulau Jawa ke Sumatera tercatat dalam setiap harinya ada 51. 000 penumpang dan 10.000 kendaraan yang menyeberang melalui pelabuhan ini. Bisa dibayangkan suatu jumlah yang luar biasa banyaknya dan hal tersebut menjadi keharusan bagi kita untuk memperbaiki meningkatkan servis-servis dan juga jangan lupa tentang Security dan level service dari pada kegiatan-kegiatan penyeberangan.  Saat ini terdapat 58 unit kapal namun  66% kondisinya sudah tua. Maka dari itu kami berharap kepada para infestor yang ingin memperbaharui dan memperbesar unit kapal kami persilahkan Dalam upaya terus menjaga waktu tempuh kapal meningkatkan kinerja dan pelayanan saya mengucapkan apresiasi dan kami mendorong untuk terus meningkatkan penggunaan IT dalam fasilitas pelayanan,  kementrian perhub mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT ASDP Merak, Pt. Patra Jasa dan PT. PP semoga kedepan pembangunannya dapat berjalan dengan lancar dan peningkatan kepada masyarakat khususnya dalam hal memajukan negeri ini dapat segera terlaksana

Sambutan Menteri BUMN RI

Kita panjatkan puji syukur ke Allah Subhanahu wa ta'ala dan atas ridho dan rahmatnya pada bulan Puasa hari pertama bulan puasa Ini kita dapat berada di sini untuk melakukan gerak tracking dari Dermaga Premium Bakahueni, Dermaga Premium Merak dan Dermaga 7 Pelabuhan Merak. Saya sangat berbahagia karena ini yang sudah dimimpikan lama pak Walikota Cilegon cukup lama dan Alhamdulillah saya harus memberikan apresiasi dan mohon perhatian semua juga memberikan apresiasi karena kalau tidak Sinergi dari ASDP, PP, dan Patra Jasa ini tidak akan kejadian. Saya sangat senang dan bangga bahwa ternyata Sinergi antara element dapat terjadi di mana dengan Sinergi ini kita harapkan bisa memberikan lebih yang memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia. Penyeberangan Merak - Bakauheni adalah yang tersibuk dari seluruh penyeberangan di Indonesia tadi Menteri Perhubungan mengatakan 51 ribu penumpang dan 10 ribu kendaraan nah saya yakin bahwa kalau kita memberikan pelayanan yang lebih baik dan kita juga memberikan bukan hanya pelayanan tapi ada tambahan-tambahan aktivitas, saya yakin lintasan ini akan makin sibuk lagi.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Groundbreaking Dermaga VI Pelabuhan Penyebrangan Merak secara symbolis oleh Menteri BUMN RI dan Menteri Perhubungan RI beserta jajaran Direksinya. Serta pemberian CSR kepada Panti Asuhan ASUY Merak binaan dari Bhabinkamtibmas Kel. Tamansari Brigadir FAHMI ARDI dan Panti asuhan Darussalam Bakahueni Lampung sebesar Rp. 100.000.000,-.

Setelah itu rombongan Menteri bertolak Ke Warnasari guna peninjau Pelabuhan Kota Cilegon untuk memberikan dukungan moril kepada Pemerintah Kota Cilegon agar mempunyai pelabuhan mandiri.




Share This Post :
 
Copyright © 2016 Official Website Polres Cilegon. All Rights Reserved