KULIAH UMUM KAPOLRES CILEGON DI MAN 1 CILEGON

  Rabu, 18 Januari 2017 pukul 13.00 Wib adalah Kapolres Cilegon memberikan Kuliah umum tentang Empat pilar kebangsaaan, Kontra radikal, hukum dan Kamtibmas. Kapolres Cilegon dalam kuliah umumnya menyampaikan “Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, yang meliputi  Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Menurut Kapolres Cilegon, para pelajar yang memahami Empat Pilar semoga mempunyai Heroisme nasionalis yang tinggi dan kelak menjadi pemimpin yang amanah, termasuk menjadi pimpinan dan anggota Polri. Untuk para pelajar yang masih remaja, materi Empat Pilar tentu tak semenarik film di bioskop dan televisi ataupun game online. 
   Namun demi kepentingan bangsa dan negara serta masa depan genarasi muda, Polres Cilegon akan terus menjalankan sosialisasi Empat Pilar kepada semua kelompok masyarakat, termasuk pelajar selain itu juga, Kapolres Cilegon menekankan kepada pelajar bahwa Tak bisa dimungkiri, pemuda adalah aset bangsa yang sangat berharga. Masa depan negeri ini bertumpu pada kualitas mereka. Namun ironisnya, kini tak sedikit kaum muda yang justru menjadi pelaku terorisme. faktor yang menyebabkan para pemuda terseret ke dalam tindakan terorisme, mulai dari kemiskinan, kurangnya pendidikan agama yang damai, gencarnya infiltrasi kelompok radikal, lemahnya semangat kebangsaan, kurangnya pendidikan kewarganegaraan, kurangnya keteladanan, dan tergerusnya nilai kearifan lokal oleh arus modernitas negatif. 
   Upaya yang dilakukan oleh Polres Cilegon memperkuat pendidikan kewarganegaraan (civic education) dengan menanamkan pemahaman yang mendalam terhadap empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Melalui pendidikan kewarganegaraan, para pemuda didorong untuk menjunjung tinggi dan menginternalisasikan nilai-nilai luhur yang sejalan dengan kearifan lokal seperti toleransi antar- umat beragama, kebebasan yang bertanggungjawab, gotong royong, kejujuran, dan cinta tanah air serta kepedulian antar-warga masyarakat.


Dalam kegiatan tersebut Kapolres Cilegon juga mengajak kepada para pelajar / siswa siswi sekolah untuk selalu mentaati segala bentuk peraturan dan perundanga-undangan yang berlaku agar tercipta terciptanya kesadaran hukum dan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Cilegon.


Lebih baru Lebih lama