APEL GELAR PASUKAN PAM IDUL ADHA 1438 H POLRES CILEGON

Kamis, (31/8) bertempat di Lapangan Apel Polres Cilegon dilaksanakan kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Adha 1438 H.

Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan di pimpin oleh Waka Polres Cilegon KOMPOL DHANI GUMILAR, S.H, S.Ik., M.H., yang dihadiri oleh Kaden Gegana Brimob Polda Banten AKBP INDRA Y.A., Kasdim 0623 Cilegon Mayor ANTON, PJU Polres Cilegon, Para Kapolsek Jajaran Polres Cilegon dan di ikuti oleh para perwira polres cilegon, 1 pleton TNI, 2 Pleton Sat Brimob Polda Banten, 1 Pleton Dalmas Polres Cilegon, 1 Pleton gabungan Polsek, 1 pleton Dishub Kota Cilegon, 1 Pleton Satpol PP Kota Cilegon, 1 Pleton PMI Kota Cilegon, 1 Pleton BMPB dengan jumlah sekitar 400 personil.

Dalam amanatnya Wakapolres Cilegon menyampaikan bahwa pertama - tama marilah kita panjatkan kepada nabi besar Muhammad SAW semoga beliau senantiasa ditempatkan oleh Allah SWT di sisinya sebagai umat yang memperoleh derajat yang paling tinggi di akhirat. Apel gelar pasukan ini merupakan representasi dari kesiapan Polres Cilegon atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan masyarakat dalam memberikan rasa aman dan nyaman Kepada seluruh masyarakat kota Cilegon khususnya pada perayaan hari raya Idul Adha 1438 Hijriyah juga kegiatan masyarakat dalam libur panjang mulai tanggal 31 Agustus sampai dengan 3 September 2017.
Melalui pelaksanaan apel gelar pasukan ini akan dapat melakukan pengecekan kesehatan personil yang akan melaksanakan pengamanan dan sarana prasarana yang akan digunakan dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Pelaksanaan libur panjang saat ini merupakan rangkaian kegiatan hari raya Idul Adha 1438 Hijriyah yang jatuh pada hari Jumat tanggal 1 September 2017 yang biasanya di  diselenggarakan sejarah meluas oleh masyarakat Banten pada umumnya dan Cilegon pada khususnya.

Hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat tanggal 1 September 2017 atau bertepatan dengan tanggal 10 julhijah Karena pada hari itu diperingati peristiwa kurban yaitu Ketika Nabi Nabi Ibrahim AS yang bersedia untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail HS dan atas ketabahan Nabi Ibrahim AS Allah Subhanahu Wa Ta'ala menggantinya dengan domba sehingga saat ini untuk memperingati peristiwa tersebut dilakukanlah penyembelihan hewan qurban.

Kegiatan pengamanan peringatan Hari Raya Idul Adha ini dilaksanakan guna mencegah dan mengatasi potensi gangguan keamanan dan terjadinya gangguan keamanan sehingga rencana pengamanan libur panjang ini difokuskan pada tiga kegiatan yaitu :
  1. Pengamanan kegiatan masyarakat yang akan merayakan hari raya Idul Adha 1438 Hijriyah.
  2. Pengamanan terhadap masyarakat yang akan memanfaatkan libur panjang untuk mudik melalui pelabuhan penyeberangan merak.
  3. Pengamanan arus wisata pantai terutama Pantai Anyer.


Dalam amanatnya Wakapolres Cilegon menekankan kepada seluruh personil Polres Cilegon dalam rangka melaksanakan tugas pengamanannya yaitu :

  1. optimalkan peran fungsi intelijen dan Bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga dapat segera diantisipasi setiap permasalahan sekecil apapun yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.
  2. empatkan personil dengan memperhatikan segala ancaman pada pos pengamanan daerah rawan kriminalitas kemacetan dan kecelakaan lalu lintas sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas.
  3. alin kerjasama yang harmonis dengan instansi terkait dan segenap potensi masyarakat untuk bersatu dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif.
  4. Para Kapolsek agar turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan dan pengendalian kepada seluruh anggota Berikan petunjuk yang jelas dalam menangani berbagai permasalahan serta berikan koreksi yang konstruktif agar mencegah terjadinya tindakan kontra produktif ataupun pelanggaran.


Lebih baru Lebih lama