BERANDA » , » KUNJUNGAN KERJA KOMISI KEPOLISIAN NASIONAL (KOMPOLNAS) DI POLRES CILEGON

KUNJUNGAN KERJA KOMISI KEPOLISIAN NASIONAL (KOMPOLNAS) DI POLRES CILEGON

Posted by POLRES CILEGON
Official Website Polres Cilegon, Updated at: 11:20 AM

Jumat, 3 Maret 2017 sekira pkl 09.00 Wib di Ruang Rupatama Polres Cilegon dilaksanakan kunjungan kerja Kompolnas di Polres Cilegon.
Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Cilegon AKBP R ROMDHON NATAKUSUMA,S.H.,S.Ik., tim Kompolnas yang dipimpin oleh komisioner Kompolnas Sdr. Ir. DEDE FARHAN AWLAWI, S.E.,M.M., Kabag Ops Polres Cilegon KOMPOL M SUJATNA, PJU Polres Cilegon, Ketua KPU Kota Cilegon Sdr. FATULLOH,S.Ag.,M.M., Ketua Panwaskada Kota Cilegon Sdr. M NASEHUDIN,S.H.
Dalam sambutannya Kapolres Cilegon AKBP R ROMDHON NATAKUSUMA, S.H.,S.Ik. mengucapkan selamat datang kepada tim Kompolnas di Polres Cilegon kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang kamtibmas yg berada di polres Cilegon dan gambaran tentang pemilu Gubernur di Wilayah Hukum Polres Cilegon.
Kemudian dilanjutkan dengan sambutannya Komisioner Kompolnas Sdr. Ir. DEDE FARHAN AWLAWI, S.E.,M.M. yang menerangkan tentang pelunya sosialisasi tentang Kompolnas kepada seluruh jajaranan anggota dan/atau pejabat Polri dinilai sangat penting dan strategis agar memiliki kesamaan persepsi dan pemahaman terkait dari peran dan fungsi kedua lembaga negara untuk terus bersinegritas dalam mewujudkan Polri yang PROFESIONAL dan MANDIRI.
Point - point Kompolnas
Adalun fungsi Kompolnas sebagaimana dalam UU no. 2 /2002 (Penjelasan) Perpres 17/2017 (Pasal 3 ayat 1, Pasal 3 ayat 2)
- Kompolnas melaksanakan fungsi pengawasan fungsional terhadap kinerja Polri untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri.
- Melakukan fungsi pengawasan fungsional dilakukan melalui kegiatan pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan integritas anggota dan pejabat Polri.
Tugas Kompolnas Dalam UU. No. 2/2002 (Pasal 38 ayat 1, Pasal 38 ayat 1) Perpres 17/2011 (Pasal 4, Pasal 4, Pasal 6)
1. Membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Kepolisian Negara Republik Indonesia.
2. Memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri.
Pertimbangan didasarkan atas hasil pemantquan dan evaluasi kinerja terhadap:
a. Kapolri, dalam rangka memverikan pertimbangan pemberhentian.
b. Perwira tinggi Polri dalam rangka memberikan pertimbangan pengangkatan Calon Kapolri.
Dilanjutkan dengan sambutan Ketua KPU Kota Cilegon yang menyampaikan bahwa Polres Cilegon selalu berkoordinasi dengan baik dimulai dari masa-masa persiapan pelaksanaan kemudian sampai penyelesaian, kemudian Disamping itu juga rekan-rekan dari Polres terutama Kapolres selalu memantau situasi maupun perkembangan tahapan KPU kota Cilegon dalam pilkada tentu kami sangat berterima kasih kepada Kapolres beserta seluruh jajaran terkait upaya serta antisipatif dalam partisipasi dalam hal-hal yang kemungkinan dan akan terjadi terhadap gangguan selama jalannya Pilkada di Cilegon. dan hal-hal lain yang menyangkut kelancaran tahapan Pilkada Pada tahapan pelaksanaan kota Cilegon Memang secara geografis dan secara kultur ini berbeda dengan dari Kabupaten Kota lain, walaupun situasi dan perkembangan politik nya cukup menghangat tapi masih cukup bisa di dapat dikendalikan.
Kemudian berkaitan dengan pelaksanaan saya akan mereview beberapa permasalahan yang muncul pertama pada saat tahapan menjelang hari pelaksanaan, Saya pikir tidak ada persoalan karena kami selalu bersama-sama dengan Kapolres serta seluruh jajaran dalam mengikuti suruh tahapan-tahapan yang dilaksanakan oleh KPU kota.
Dilanjutkan dengan sambutan Panwaskada Kota Cilegon yang menyampaikan bahwa Pengawasan strategis ada preventif dan penindakan, preventif ini tentu berkaitan dengan tahapan tahapan yang dilakukan oleh Banwaslu penyelenggara secara teknis tadi sudah sampaikan oleh ketua KPU sebagaimana proses penyelenggaraan di kota Cilegon ini yang menurutnya dilihat dari titik indeks kerawanan penyelenggara Pemilu Banten Bawaslu RI menetapkan Provinsi Banten sebagai urutan yang ke 3 setelah Papua, fakta membuktikan bahwa kita khususnya di Cilegon secara keseluruhan di Provinsi Banten tidak adanya sesuatu yang sekiranya membuat penyelenggaraan Pemilu Banten ini menjadi terhambat.

Secara keseluruhan kerjasama antara KPU, Banwaslu dengan Polres Cilegon berjalan dengan baik sehingga menciptakan Pemilu yang aman dan kondusif.



Share This Post :
 
Copyright © 2016 Official Website Polres Cilegon. All Rights Reserved